Minggu, 07 Agustus 2011

NAPZA

PEmeriksaan NAPZA sudah makin sering dilakukan/diminta,selain pada kasus penyalahgunaan,NAPZA juga sebagai salah satu syarat masuk sekolah dan perguruan tinggi serta penerimaan pegawai.
Di USA kit Rapid test NAPZA dijual bebas,namun laboratorium yang berhak melakukan dan mengeluarkan hasil NAPZA harus terlebih dahulu dilakukan Sertifikasi oleh The National Instistute of Drug Abuse (NIDA)
atau The Forensic Urine Drug Testing (FUDT).

Jenis NAPZA :

@ Golongan Opionida
Di bagi menjadi : golongan opionida alamiah (opiat) dari tanaman opium ,golongan opionida semisintetik,golongan opionida sintetik.
Morphin merupaka alkaloid analgesic utama dan prototipe dari opium,opium sendiri mengandung sebagian kecil kodein.
Zat semisintetic dari morphin : diasetil morphin (heroin/putaw ),dan hidromorphin.
Zat opionida sintetic              : meperidin,propoksifen,dan metadon.
Heroin yang banyak disalahgunakan sebenarnya tidak aktif,didalam tubuh dengan cepat berubah menjadi asetil morphin(< dari 6 menit ) selanjutnya di hidrolisis menjadi morphin (< 40 menit ) kemudian morphin di inaktivasi dengan konjugasi glukuronida.
Sehingga total morphin dalam urin 90% dalam bentuk morphin glukuronida dan 10% dalam bentuk morphin bebas
10% kodein dalam tubuh juga akan diubah menjadi morphin *setelah konsumsi kodein mungkin akan terdeteksi kodein dan morphin dalam urine.
Hasil screening test morphin  positif bisa disebabkan karena penggunaan morphin,heroin,atau kodein.Opiat sudah dapat terdeteksi dalam waktu 2,5 jam setelah penggunaan dan masih tetap akan terdeteksi 2-3 hari setelah penggunaan terakhir.

@Amfetamin dan Metamfetamin
Keduanya merupakan obat perangsang susunan syaraf pusat (CNS stimulant ).Dalam bidang kedokteran digunakan untuk mengobati narkolepsi,kegemukan,dan gangguan hiperaktif dengan kesulitan konsentrasi.
-Amfetamin dimetabolisme di hati dengan deaminasi oksidasi.
-Metamfetamin ( shabu)  dimetabolisme di hati dengan hidroksilasi dan sebagian dengan N-demetilasi menjadi amfetamin.
Setelah konsumsi metamfetamin,di dalam urine akan ditemukan amfetamin dan metamfetamin.30% dari dosis amfetamin/metamfetamin yang dikonsumsi dikeluarkan dalam bentuk utuh ( unchanged ) melaui urine,berdasarkan pH urine ----> pH asam ekskresi unchanged bisa sampai 70%
                                          ----> pH basa/alkali hanya 1%
Amfetamin/metamfetamin bisa terdeteksi dalam 2-7 jam setelah penggunaan dan akan tetap terdeteksi 2-4 hari setelah penggunaan terakhir.

@ MDMA/Ecstatcy
3.4.methylenedioxymethamphetamine/ecstacy cara kerjanya dengan menghambat reuptake serotonin ,memfasilitasi pelepasan serotoninsedikit menyebabkan pelepasan dopamin dan noradrenalin.
Didalam tubuh MDMA mengalami metabolisme dan menghasilkan 3 metabolit utama :
- MDA ( methylenedioxyamphetamine )
- HMA ( hydroxymethoxyamphetamine )
- HMMA ( hydroxymethoxymethamphetamine )
Setelah konsumsi MDMA,didalam urine bisa ditemukan MDMA dalam bentuk unchanged ( 65 % ) dan ketiga metabolit utama.Dapat terdeteksi dalam waktu 2-4 jam setelah penggunaan dan tetap terdeteksi 1-3 hari setelah penggunaan terakhir.

@ Ganja
Ganja / kanabis / marijuana berasal dari tanaman Canabis sativa.Bahan aktif ganja yang bersifat adiktif  ----> tetrahydrocanabinol (THC).Setelah menghisap ganja ( rokok ),THC dengan cepat diserap melalui paru,dan kadar puncak THC dalam darah dicapai dalam beberapa menit.Kadar THC dalam darah juga cepat menurun menjadi 10 % dari keadaan puncak dalam waktu 1-2 jam,karena THC dengan cepat terdistribusi ke jaringan lemak.Dari sini THC perlahan akanmengalami redistribusi kembali ke sirkulasi.THC akan dimetabolisme menjadi banyak senyawa yeng kebanyakan tidak aktif lagi.
Metabolit utama dalam urine ialah THC-COOH dan THC-COOH glukuronida.Ganja dapat terdeteksi 3-10 hari setelah penggunaan terakhir,pada pemakai berat dan berlangsung lama ,ganja masih bisa terdeteksi sampai lebih dari 2 bulan dari penggunaan terakhir.

@ Golongan Benzodiazepine
Dalam dunia kedokteran banyak dipakai sebagai obat hipnotik sedatif,efek yang ditimbulkan pada susunan syaraf pusat berupa sedasi, hipnosis ,pengurangan terhadap rangsangan emosi / ansietas,relaksasi otot,dan anti konvulsan.
Metabolisme benzodizepine dihati lewat 3 tahap :
- desalkilasi
- hidroksilasi
- konjugasi
Dimana metabolisme itu menghasilkan metabolit aktif oxazepam dan desmethyldiazepam ( nordiazepam )
Metabolit yang dihasilkan memiliki paruh waktu lebih panjang dibandingkan parent drug,misalnya diazepam ( 20-80 jam ) setelah dimetabolisme menjadi desmetildiazepam dengan  waktu elminasi 200 jam.
Ekskresi benzodiazepine di urin terutama dalam bentuk metabolit dan hanya kurang 1% dalam bentuk unchanged.
Sudah terdeteksi dalam waktu 4-6 jam dan masih terdeteksi 3-10 hari setelah penggunaan terakhir.

@ Kokain
Adalah suatu alkaloid yang berasal dari daun tumbuhan erythroxyloncoca yang mempunyai efek merangsang susunan syaraf pusat.
Dimetabolisme di hati dengan cepat melalui hidrolisis menjadi metabolit inaktif ecgonine methyl ester dan benzoilecgonine.
Metabolit utama kokain dalam urine ---> benzoilecgonine dan ecgonine methyl ester,sedangkan kokain ditemukan dalam jumlah kecil.
Kokain dapat terdeteksi 1 1/4 -4 jam setelah penggunaan dan tetap terdeteksi 2-3 hari,pada pemakai berat dan lama bisa terdeteksi 10-22 hari.

to be continue.......*posting berikutnya ,jarinya sudah pegel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar