Sabtu, 06 Agustus 2011

HbA 1C

HbA1C * HbA1C adalah zat yang terbentuk dari reaksi antara Glucosa dengan Haemoglobin ( bagian sel erythocyte yang bertugas mengangkut O2 ke seluruh tubuh)
                            
              * HbA1C yang terbentuk akan tersimpan dan tetap bertahan didalam sel erythocyte selama kurang lebih 3 bulan,sesuai masa hidup erythocyte.
               
              * Jumlah HbA1C yang terbentuk tergantung kadar Glucosa dalam darah sehingga hasil pemeriksaan HbA1C dapat menggambarkan rata-rata kadar Glucosa darah selama kurang lebih 3 bulan
                .
HbA1C sangat penting,karena dapat menilai pengendalian diabetes untuk mencegah komplikasi diabetes.Selain itu pemeriksaan HbA1C juga dapat digunakan untuk menilai efektivitas perubahan therapy setelah 2-3 bulan.

Data hasil penelitian DCCT (Diabetes Control Complication Trials ) 1983 - 1993 ,menunjukkan bahwa therapy intensif dengan menjaga rata-rata kadar HbA1C   < 7 % mengurangi perkembangan komplikasi;
* retinopati  54 %
* nefropati   56 %
* neuropati  60 %

IDF ( International Diabetes Federation ) 2005 Global Guideline :
"jaga pola hidup juga dukungan edukasi agar pengobatan dapat mencapai kadar HbA1C pada 6,5 % atau lebih rendah "


Kondisi juga dapat merubah sel darah merah,hemolitik anemia,malaria kronik,kehilangan darah/transfusi yang mengganggu hasil HbA1C.
HbA1C tidak dapat digantikan/menggantikan oleh pemeriksaan Glucosa,keduanya saling menunjang untuk memperoleh info yang tepat tentang kualitas pengendalian diabetes seseorang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar